Selasa, 01 September 2009

Kekuatan Blog

Menyimak hasil seminar Blogging,Journalism,and Credibility: Battleground and Common Ground di Universitas Harvard AS pada dekade Januari 2006 silam. Yang menjadikan persaingan Bloggers dan Journalism sempat mengemuka, sebab dunia reportase dan journalism secara blak-blakan dapat dilakukan lewat media blog.

Sebagaimana kita ketahui disisi lain sebuah weblog,web log atau singkatnya blog, memang merupakan bagian dari aplikasi web yang memuat secara periodik postingan pada sebuah webpage umum.
Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, walaupun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sementara itu dalam sebuah blog seperti disinyalir dalam konferensi para journalis di Universitas Harvard, terungkap enam pilar kunci yang membedakan blogging dengan saluran komunikasi lain yang menjadikan blog memiliki kekuatan tersendiri di satu sisi. Kekuatan-kekuatan itu diantaranya :
1.Publishable, pengguna dapat langsung memposting berita. Mudah, murah dan dapat dibaca dimanapun.
2.Findable, mudah ditemukan lewat situs pencari, berdasarkan subyek, nama penulis atau keduanya. Makin tambun suatu blog, makin digemari.
3.Social, yaitu blogsphere cirinya adalah cuap-cuap. Percakapan yang menarik berdasarkan topik beralih dari suatu situs web, ngelink dari suatu link ke link yang lain. Melalui blog mereka yang memiliki minat yang sama dapat membangun network atau berita lintas geografi.
4.Viral, yaitu informasi menyebar lebih cepat melalui blog dibanding news service. Saat ini tidak ada viral marketing yang dapat menyetarakan kecepatan dan efisiensi suatu blog.
5.Syndicatable, yaitu content yang kaya mudah disindikasi oleh siapa saja. Bayangkan dunia penuh dengan orang pandai, dan lewat media blog, ribuan informasi, bisa didapat.
6.Linkable,yaitu setiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses kepuluhan juta orang yang mengunjungi blogsphere setiap hari yang bercirikan komunikasi internet dua arah.
Media blog itu bagaikan supermarket tabloid.

Referensi dari tulisan Akhid Heru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar